Senin, 14 Juli 2025 menjadi awal tahun ajaran baru secara nasional, disertai pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS). Begitu juga dengan SMA Negeri 4 Ambon, dan tahun ini dengan tema “MPLS Ramah” yang dijadwalkan akan berlansung selama 5 hari terhitung mulai tanggal 14 – 18 Juli 2025. Pada acara pembukaan kegiatan MPLS ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Para Wakasek, Dewan Guru, Calon Siswa Baru yang bertempat di Ruang Rapat SMA Negeri 4 Ambon. Kegiatan MPLS Ramah yang dilakukan di SMA Negeri 4 Ambon mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 10 Tahun 2025 tentang Pelaksanaan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan Ramah Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Ajaran 2025 / 2026. Oleh Karena itu, kegiatan MPLS Ramah ini terus mendapat pantauan dari KEMENDIKBUDRISTEK melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Maluku yang diwakili oleh Musriani M., S.Pd, M.Si.

Pada acara pembukaan MPLS Ramah SMA Negeri 4 Ambon diawali dengan Laporan Ketua Panitia dari WAKASEK Kesiswaan Neltje de Kock, S.Pd. Dalam laporan Ketua Panitia sempat menyinggung bahwa; paradigma MPLS tahun ini terkesan berbeda karena bergeser dari seremoni formal ke momen transformatif membangun sekolah yang memuliakan peserta didik sebagai manusia utuh sejak hari pertama. Kepala SMA Negeri 4 Ambon, Mezack Tentua, S.Pd.,M.Pd.K dalam sambutannya menyampaikan bahwa MPLS Ramah menjadi sarana penting untuk menumbuhkan rasa aman, nyaman dan semangat belajar. Adanya interaksi yang terjalin antara peserta didik dan guru juga diharapkan dapat mendorong perkembangan anak sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya masing-masing. Tentua turut menekankan pentingnya peran serta orang tua dalam mendukung proses adaptasi ini. Selanjutnya, Kepala Sekolah membuka dengan Resmi kegiatan MPLS Ramah Tahun 2025 yang ditandai dengan pemukulan tifa dan penyematan tanda pengenal kepada perwakilan peserta MPLS Ramah, Guru Pendamping dan Narasumber.

#smanpatambon
#kuatdanberprestasi
