Suksesnya Kegiatan P5 dan Bulan Bahasa SMA Negeri 4 Ambon

Sebagai bagian dari Negera Kesatuan Repoblik Indonesia, SMA Negeri 4 Ambon hari ini, Senin 30 Oktober 2023 melaksanakan Upacara Bendera. Upacara yang berlangsung ini, sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023. Adapun serangkaian kegiatan penting yang dilaksanakan selesai Upacara antara lain;

Kegiatan Pelajar Pancasila/ P5 dengan tema “Demokrasi” dan tema “Bangunlah Jiwa Raganya dengan Sub Tema Kalesang SMA Negeri 4 Ambon” yang diperuntukan untuk siswa kelas X dan XI yang sudah menjalankan Kurikulum Merdeka.

Untuk tema Demokrasi, dilaksanakan Acara Pelantikan Pengurus dan Pembina OSIS terpilih masa bakti 2023-2024. Kegiatan pelantikan ini, di awali dengan penyerahan bendera OSIS dari Ketua OSIS lama, masa bakti 2022-2023 kepada Kepala SMA Negeri 4 Ambon, Laurens Makatipu, S.Pd.,M.Pd yang kemudian diserahkan langsung ke pengurus OSIS yang baru masa bakti 2023-2024 dengan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Dan selanjutnya penanda tanganan Surat Keputusan dari Ketua MPK, Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS lama dan baru yang disaksikan dan disahkan oleh Kepala Sekolah. Kepala SMA Negeri 4 Ambon Laurens Makatipu, S.Pd.,M.Pd disela-sela kesibukannya, ketika di temui oleh wartawan dari Berita Kota dan TIM Multimedia  SMA Negeri 4 Ambon di ruang kerjanya, menyampaikan terimakasih yang mendalam kepada pengurus OSIS yang lama dan memberikan pesan kepada pengurus OSIS yang baru masa bakti 2023 – 2024 bahwa; “OSIS adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah yang merupakan kepanjangan tangan dari pihak sekolah dalam rangka pembinaan siswa bisa aktif, dinamis bergerak maju lebih baik lagi dengan kegiatan rutin setiap bulan. Dengan harapan terbangun jiwa kepemimpinannya dan membantu pihak sekolah semakin lebih baik”.

Untuk Tema “Bangunlah Jiwa Raganya dengan Sub Tema Kalesang SMA Negeri 4 Ambon” untuk kelas X dan XI kegiatan Daur Ulang Sampah khususnya sampah plastik. Siswa diarahkan sebelumnya untuk membuat video kreatif tentang daur ulang sampah plastik dan dikirim ke panitia P5 untuk mendapat penilaian. Dan hasil Daur Ulang Sampah di pamerkan pada tempat yang telah di sediakan panitia. Beberapa kelompok dari kelas X yang berbeda dipilih dan mendapat kesempatan sebagai model untuk mempresentasikan daur ulang sampah secara langsung di depan warga sekolah.

Dan untuk kelas XII yang masih menggunakan kurikulum lama pada mata Pelajaran Prakarya melakukan display karya. Siswa di arahkan untuk membuat pohon hias dari jaga pohon dan daun plastik. Semua hasil karya kemudian ditampilkan atau dipamerkan di lapangan upacara untuk di jual.

            Terkait dengan kegiatan ini, selanjutnya Laurens Makatipu, S.Pd.,M.Pd Ketika ditemui menuturkan bahwa; kegiatan ini berlangsung dengan harapan Implementasi Kurikulum berjalan dengan baik sesuai direncanakan dan tentu anak-anak terbangun kreatifitasnya, kemandiriannya untuk mereka memiliki ketrampilan sebagai bagian dari pendidikan yang mereka ikuti yang kemudian menjadi bekal untuk mereka selasai Pendidikan di SMA Negeri 4 Ambon.

Kegiatan Kinerja Prestasi bidang Seni Budaya memperingati bulan Bahasa.  Kegiatan  yang dilakukan oleh pihak sekolah memperingati bulan Oktober yang ditetapkan sebagai bulan Bahasa adalah Final lomba Bertutur Kreatif Cerita Rakyat Maluku dan Vokal Solo putra-putri antar siswa. Hal ini merupakan suatu momen yang tepat untuk menjawab Pemanfaatan BOS Kinerja Prestasi yang dipercayakan untuk SMA Negeri 4 Ambon sebagai sekolah berprestasi.  Kegiatan ini sebelumnya berlangsung sejak tanggal 18 Oktober masa pendataan seluruh siswa yang memiliki bakat dan minat.  Tanggal 25-26 Oktober Coaching Clinic dalam rangka pelatihan dan persiapan peserta yang terdaftar untuk mengikuti lomba. Tanggal 27-28 Oktober kegiatan Lomba dilaksanakan dalam babak penyisihan dan telah terpilih 12 peserta terbaik Bertutur Kreatif dan 12 Vokal Solo Putra dan Putri yang puncaknya/ babak finalnya dilaksanakan di hari ini, 30 Oktober 2023 sekaligus pengumuman juara I sampai Juara 6  Bertutur Kreatif dan juara I sampai juara III untuk vokal solo putra dan Putri masing-masing kategori. Dapat dikatakan seluruh rangkaian kegiatan yang terlaksana yang puncaknya hari ini berjalan dengan sangat baik, lancar dan sukses!

#smanpatambon
#kuatdanberprestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *